Tuesday, June 4, 2013

Liburan Hijau

Libur t’lah tiba, libur t’lah tiba! Hore, hore, HORE!! Kini tiba waktunya untuk mengganti kegiatan rutin dengan acara bersenang-senang. Eits, sudah tidak sabar untuk pergi berlibur? Aku pun demikian. Tapi, biarpun kita sedang liburan bukan berarti kita juga ‘libur’ memikirkan keselamatan bumi kita. Sebelum memesan tiket dan mengemas barang bawaan, ada baiknya kamu baca dulu travel tips yang satu ini. 

Hmm, bawa apa?? Tidak perlu bingung. Contek saja daftar bawaan di bawah ini. DIJAMIN 100% CINTA BUMI!
1. Tas belanja
Daripada koleksi tas plastik dari berbagai toko, lebih baik bawa tas kain sendiri yang bisa dilipat dan dipakai berulang kali sekaligus bisa menampung semua barang belanjaanmu.
2. Botol air minum
Pastikan kamu sudah mengisi penuh botol air minum-mu sebelum pergi jalan-jalan. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi membeli air mineral dalam kemasan botol plastik, atau setidaknya kamu sudah mengurangi penggunaan plastik yang tidak ramah lingkungan.
3. Sepatu nyaman
Penting bagimu untuk menggunakan sepatu yang nyaman selama perjalanan. Nikmati petualanganmu dengan naik kendaraan umum daripada menyewa mobil pribadi. Kamu tinggal duduk manis sambil tersenyum karena telah membantu mengurangi polusi udara.
4. Kotak makan
Selain sebagai tempat bekal cemilan untuk di jalan, tempat makanmu juga berguna untuk membawa makanan yang tidak habis dimakan atau pesanan take-away tanpa harus dibungkus dengan kantong plastik atau styrofoam.
5. Kamera digital
Pilihlah kamera yang dilengkapi dengan baterai yang bisa diisi ulang. Dengan mengisi ulang baterai, kamu ikut mengurangi sampah.

Tidak hanya berhenti sampai di situ. Bawa juga aksi hijaumu ke dalam hotel tempat kamu menginap. Begini caranya.
  • Matikan televisi, AC dan lampu ketika kamu meninggalkan kamar.
  • Lebih baik mandi dengan shower daripada mandi berendam di bathtub untuk menghemat pemakaian air.
  • Daripada menyewa mobil secara pribadi, gunakan fasilitas kendaraan dari hotel yang bisa digunakan bersama dengan tamu hotel lainnya untuk mengurangi emisi CO2.
  • Tolak kiriman koran ke kamar jika kamu tidak ingin membacanya. Lebih baik kamu membaca koran yang disediakan hotel di lobi.
Ada banyak hal menyenangkan yang bisa kita lakukan selama liburan tapi juga serba hijau alias sayang bumi. Ingat kawan, kita hidup dari bumi, di dalam bumi, bersama bumi. Oleh karena itu, mari kita sayangi bumi kita! SAVE OUR EARTH!

Ditulis untuk Blog Competition Green Living n Youth Creativity 2013, Kompas Kampus

No comments :

Post a Comment