Saturday, June 22, 2013

Liputan6.com: Mendengar Kebutuhan Pembaca

Berawal dari sebuah ide “memberikan perkembangan berita terbaru secara mudah dan akurat kepada semua masyarakat”, Liputan6 yang dahulu hanya dikenal sebagai salah satu program berita di stasiun televisi kini melebarkan sayapnya dalam dunia website berita. Dengan memegang tagline aktual, tajam dan terpercaya, berita terkini liputan6.com mencakup berbagai aspek kehidupan yang secara umum dikelompokkan dalam 6 kategori utama yaitu News, Bisnis, Bola, Showbiz, Tekno, Health. 

Secara tata letak, 6 kategori ini tampil sebagai menu-bar yang akan langsung terlihat ketika pembaca mengunjungi website liputan6.com (http://www.liputan6.com/).

Meskipun ada pepatah mengatakan “Don’t judge the book by its cover”, tak bisa dipungkiri bahwa penilaian pada bagian luar juga memegang andil. Dalam hal ini, bagian luar dari website liputan6.com adalah halaman utama website. Desain, pemilihan warna dan tata letak adalah beberapa hal utama yang harus diperhatikan. Secara design terlihat bahwa sebagai portal berita online, liputan6.com hadir dalam tampilan yang simple. Warna orange yang dipilih memberikan kesan hangat dan penuh energi. Hanya saja, demi kemudahan pembaca disarankan liputan6.com membuat “sub-menu” pada setiap bagian menu yang tersedia pada menu bar. Misalnya, sub-menu yang bisa turun ketika menu di-klik. Dengan demikian, pembaca dapat mengetahui dengan lebih jelas apa saja yang menjadi konten pada menu tersebut. 
Dalam hal tata letak masih ada yang perlu dicermati, di antaranya terlalu banyaknya link berita yang ditampilkan sehingga layar terkesan penuh dan kurang menarik (terutama pada bagian Berita Terkini yang biasanya memuat banyak berita).




Di samping itu, banyaknya link berita yang ditampilkan juga menyebabkan pembaca harus “men-scroll-down” hanya untuk mengetahui apa saja yang dimuat dalam Berita Terkini (saat itu). Gambar di bawah membuktikan bahwa dibutuhkan sedikitnya 4x scroll-down untuk melihat seluruh konten Berita Terkini, tertanggal 10 Juni 2013. Hal ini memiliki kecenderungan pembaca malas untuk membacanya, tidak teliti sehingga ada berita yang terlewat atau bahkan terpecahkan konsentrasinya dengan gerakan layar yang ditimbulkan (ketika scroll-down).

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya dilakukan pengkategorian berita baik untuk Berita Terkini maupun untuk Berita Terpopuler. Selain menghemat penggunaan space pada layar, pengelompokkan ini juga memudahkan pembaca dalam mencari berita yang diinginkan. Adapun tulisan yang ditampilkan pada halaman depan dapat berupa headline (link) yang apabila di-klik akan menuju ke halaman artikel.


Dengan tersedianya tempat pada layar yang lebih, penambahan gambar yang sesuai dengan berita (baik pada Berita Terkini, Berita Terpopuler maupun Berita Hari ini) dapat dilakukan dengan lebih leluasa karena pada dasarnya otak lebih tertarik pada warna dan bentuk daripada hanya berupa tulisan. Dengan demikian, pembaca akan lebih tertarik untuk membaca artikel yang ada. 
 Tampilan (saat ini)

 Tampilan (saran)

Beralih pada segi isi berita, secara umum liputan6.com patut diacungkan jempol atas netralitas berita. Dengan isi tulisan yang relatif singkat dan padat, identitas liputan6.com (aktual, tajam dan terpercaya) dipertaruhkan. Sebagai portal berita online, liputan6.com dituntut untuk menyuguhkan berita-berita yang objektif. Sejauh ini, tidak ada pemberitaan yang menyebutkan bahwa dalam beritanya, liputan6.com menyudutkan seseorang, kelompok, organisasi dan SARA. Namun, untuk lebih memperkaya liputan6.com, bisa ditambahkan berita-berita dari mancanegara (baik dari segi politik, ekonomi, dsb.) yang selama ini kurang disorot oleh liputan6.com. 

Atas keberhasilannya, liputan6.com ternyata tidak lupa diri dan terus mengembangkan potensi yang ada untuk menjadi portal berita online terbaik. Salah satunya dengan membangun komunikasi yang berkesinambungan dengan pembaca yang telah dilakukan melalui Facebook Page Liputan6 dan akun twitter @liputan6dotcom. Selain itu, liputan6 juga menyediakan Citizen6 yang diperuntukan bagi para jurnalis warga. Dan kini, “MELALUI ARTIKEL BLOG” yang dibuka untuk umum. 

Dewasa ini, portal berita online yang beredar bukanlah hanya liputan6.com. Masih banyak yang lainnya dan semua berlomba untuk menjadi yang terbaik. “Mendengarkan apa yang dibutuhkan pembaca” itulah yang kini dilakukan liputan6.com. Sebuah langkah sederhana, namun bedampak besar! Semoga dalam perjalanannya liputan6.com tetap konsisten menjunjung identitasnya “aktual, tajam dan terpercaya” menuju portal berita online yang terbaik.

Ditulis untuk Lomba Review #KlikLiputan6
Oleh Nita Felicia


2 comments :

  1. Review nya mantabbbbbb :-) aku gak kepikiran yaaa buat bahas itu heheeee
    suksesss dech yaaaahhh...

    silahkan mampir http://farichatuljannah.blogspot.com/2013/06/rahasia-saya-adalah-klik-liputan6com.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Icha, aku pasti baca juga punya Icha :)

      Delete